Cara Mengatasi Error “Windows Photo Viewer can’t display this picture because there might not be enough memory available on your computer”

By | Februari 26, 2020

Windows Photo Viewer can’t display this picture because there might not be enough memory available on your computer merupakan pesan error yang akan anda jumpai saat membuka sebuah foto atau gambar dengan image viewer bawaan dari windows.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, namun jika dilihat dari pesan error yang muncul, bisa saja hal ini dikarenakan memori penyimpanan atau ram yang anda miliki dalam keadaan penuh.

Namun, tidak sepenuhnya disebabkan oleh ram atau memori yang penuh. Bahkan saat di cek memori atau ram masih banyak tersedia. Lalu, bagaimana cara memperbaiki error tersebut ? silahkan simak dan lakukan langkah-lankah berikut ini.

Bersihkan sampah dan file lainnya

Pertama, kita harus menyelesaikan masalah memori atua ram yang penuh tersebut terlebih dahulu berdasarkan pesan error yang muncul. =

Caranya, anda perlu membuka task manager terlebih dahulu (klik kanan pada taskbar dibagian bawah dan pilih task manager) lalu tutup semua aplikasi atau program yang sedang berjalan (klik kanan pada program atau aplikasi, lalu pilih end task).

Selanjutnya, anda bisa membersihkan sampah atau file tidak berguna lainnya menggunakan tools pembersih, seperti Disk Cleanup Tool atau tools lainnya. Jika proses pembersihan sudah selesai, silahkan restart pc atau laptop anda.

Pengaturan Color Management

Cara kedua, kita lakukan denga mengatur beberapa pengaturan yang diperlukan pada Color Management. Cara ini bisa anda coba dibeberapa versi windows lainnya, seperti windows 7, windows 8 dan windows 10.

  1. Pertama, masuk ke settings dari pc atau laptop anda
  2. Lalu pilih menu system dan masuk ke display
  3. Lanjut ke Advanced display settings dan pilih display, pada tahap selanjutnya anda bisa memilih opsi Display adapter properties of Display
  4. Lanjut dengan memilih opsi tab Color Management dan pilih opsi Color Management button
  5. Pada bagian device anda bisa menyesuaikan dengan jenis monitor yang sedang anda gunakan
  6. Lalu centang pada opsi Use my settings for this device
  7. Lalu klik tombol Remove pada bagian bawah
  8. Kita lanjut dengan menekan tab Advanced
  9. Disini anda bisa mengatur semua pengaturan yang tersedia atau ubah ke System default
  10. Terakhir, save perubahan yang telah anda buat dan restart komputer atau laptop tersebut

Penutup

Demikianlah Cara Mengatasi Error “Windows Photo Viewer can’t display this picture because there might not be enough memory available on your computer”. Setelah melakukan tutorial diatas, sekarang anda sudah bisa membuka gambar atau foto pada pc atau laptop anda dengan mudah dan tanpa ada error lagi.

Jika bermanfaat, jangan lupa share tutorial ini. Jika kurang mengerti, saran dan kritik, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar yang tersedia dibawah. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *