Cara mengatasi windows failed to start 0xc00000f

By | Februari 11, 2020

windows failed to start 0xc00000f merupaka salah satu error yang akan anda jumpai saat melakukan booting. Biasanya layar akan berwarna biru atau bluescreen dan berisi beberapa teks salah satunya pesan error dengan kode 0xc00000f tersebut,

karena error ini menyebabkan anda tidak bisa masuk ke dekstop dan tidak bisa menggunakan laptop atau pc tersebut seperti biasa. Maka dari itu anda harus memperbaikinya untuk bisa digunakan kembali. Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini. Kami akan membahas solusi mengatasi windows failed to start 0xc00000f yang wajib di coba

Penyebab windows failed to start 0xc00000f

Tentunya setiap masalah yang terjadi di komputer atau laptop anda memiliki penyebab yang membuat masalah atau error tersebut. Sama halnya dengan pesan error 0xc00000f, berikut beberapa penyebab yang bisa kami rangkum.

  1. Kerusakan pada bagian boot windows
  2. Hard disk yang bermasalah, mau itu dari pemasangan hingga settingan
  3. Prioritas booting dari windows tersebut yang hilang
  4. Dan lainnya

Umumnya masalah seperti ini terjadi karena adanya kerusakan pada hardware yang digunakan, seperti masalah pada hard disk di laptop atua komputer tersebut.

cara mengatasi windows failed to start 0xc00000f

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari error tersebut, sekarang kita masuk ke cara mengatasi windows failed to start 0xc00000f yang terjadi pada laptop atau pc anda.

Solusi 1 : Check prioritas Boot pada BIOS

Untuk melakukan cek prioritas boot pada bios tentunya anda harus masuk terlebih dahulu ke menu BIOS. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan restart terhadap kompter atau laptop tersebut, lalu nyalakan kembali dan saat dalam keadaan baru hidup, tekan tombol Del atau F1,F8 dan lainnya *sesuaikan dengan merk laptop atua pc anda.

Selanjutnya, jika sudah berhasil masuk ke BIOS di laptop atau pc tersebut, silahkan masuk ke menu atau tab Boot dan pilih boot sequnce ( biasanya disetiap laptop atua pc berbeda, bisa itu boot device priority, set boot priority dan lainnya ). Disini anda bisa memilih hard disk yang sekarang digunakan sebagai prioritas saat booting atau 1st Boot device.

Terakhir, save perubahan tersebut dan restart pc atau laptop anda untuk melihat perubahan yang terjadi.

Solusi 2 : Recover Booting

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk merecovery booting :

  1. Untuk pengguna windows 7 : Jika laptop atau pc yang anda gunakan memiliki instalasi distribusi, maka lakukan booting dari hal tersebut, lalu pada bagian system restore pilih opsi startup repair
  2. Untuk pengguna windows 8 dan 10 : Jika muncul tampilan layar error, maka disini anda harus memilih beberapa menu yang tersedia, salah satunya yaitu recovery
  3. Jika sudah melakukan langkah diatas dan sudah masuk ke advanced, sekarang anda sudah bisa memulai acronis startup recover manager tersebut

Solusi 3 : Periksa Hard disk

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu penyebab dari masalah atau error ini berasal dari hard disk yang digunakan, maka dari itu anda perlu melakukan cek hard disk terlebih dahulu. Pertama, silahkan masuk ke menu advanced options, lalu pilih opsi cmd atau command prompt.

Selanjutnya, pada jendela cmd yang terbuka, silahkan ketik Chkdsk /f /r, selanjutnya proses pemeriksaan hard disk akan berjalan, tunggu saja hingga selesai.

Solusi 4 : Jalankan Utilitas Bootrec.exe

Untuk menjalankan Utilitas Bootrec.exe anda perlu menggunakan disk instalasi windows dvd atau usb yang sebelumnya anda gunakan dalam proses instalasi os tersebut.

  1. Pertama, hidupkan laptop atau komputer anda
  2. Lalu masukkan cd instalasi atau usb tersebut
  3. Selanjutnya, silahkan reboot laptop atau pc tersebut
  4. Lalu tentukan tanggal, waktu dan lainnya dan tekan next
  5. Tahap selanjutnya, anda bisa memilih sistem operasi mana yang ingin di perbaiki
  6. Tekan menu command prompt pada bagian system recovery options
  7. Dan ketik bootrec.exe pada jendela cmd tersebut dan tekan enter
  8. Terakhir anda hanya perlu menunggu proses berjalan dan selesai memperbaikinya

Silahkan restart ulang pc atau laptop anda saat proses sudah selesai dilakukan.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengatasi windows failed to start 0xc00000f dengan sangat mudah dan pasti berhasil 100%. Jadi setelah melakukan cara diatas, sekarang saat melakukan booting di pc atau laptop anda, tidak akan keluar lagi pesan error 0xc00000f.

Dengan begitu anda sudah bisa menggunakan pc atau laptop tersebut seperti biasanya tanpa ada error apapun. Jika bermanfaat jangan lupa share postingan ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, beri saran atau kritik. Silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *