Cara mengatasi windows has detected an ip address conflict

By | Februari 12, 2020

windows has detected an ip address conflict merupakan salah satu masalah konflik wifi yang sering terjadi pada windows, biasanya hal ini terjadi karena ip yang sedang digunakan, sama dengan beberapa user lainnya.

Salah satu penyelesaian dari masalah ini adalah menggunakan ip statis, jadi anda memasukkan ip yang kemungkinan tidak atau jarang digunakan oleh orang lain, sehingga anda bisa menggunakannya dengan bebas tanpa adanya konfil IP.

Nah, jika hal tersebut terjadi pada laptop atau pc anda, maka anda tidak perlu khawatir. Pada kesempatan ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah ip konflik tersebut dengan mudah dan sampai solved atau fix.

Cara mengatasi windows has detected an ip address conflict

Permasalahan ini akan membuat anda susah untuk menggunakan program atau sistem yang menggunakan sistem IP, salah satunya adalah wifi. Nantinya anda akan mendapatkan sebuah jendela baru dengan pesan error, sebagai berikut :

Windows has detected an IP address conflict
Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log.

Untuk memperbaikinya, silahkan lakukan coba beberapa cara dibawah ini.

Solusi 1 : Pengunaan IP statis

Pengunaan ip dinamis pada laptop atau pc, biasanya akan menimbulkan beberapa masalah, terutama kesamaan ip dengan orang lain. Maka untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan ip statis dan cari ip yang kemungkinan jarang digunakan oleh orang lain, misalnya 192.168.1.177, pengaturan ip ini bisa anda lakukan langsung melalui control panel atau network adapter.

Solusi 2 : Reset pengaturan DHCP

Dengan melakukan reset DHCP, maka sistem akan mencoba untuk mereset semua pengunaan ip dan mencoba mendapatkan ip baru untuk menghindari konflik ip atau error. Untuk melakukannya ada 2 cara, bisa dilakukan melalui network adapter atau menggunakan perintah di cmd.

  1. Pertama, silahkan buka cmd dengan akses admin. Caranya klik kanan pada icon windows atau menu start pada bagian pojok kiri bawah, lalu pilih command promt (admin) atau tekan tombol keyboard ctrl + x, lalu pilih command prompt (admin)
  2. Selanjutnya, ketik perintah berikut ini di jendela cmd yang terbuka tadi :
    1. Ipconfig /release
    1. Ipconfig /renew

Solusi 3 : Restart moudem atau router jaringan

Untuk mengatasi pemasalahan ip address conflict, bisa diatas dengan melakuakan restart pada modem atau router yang anda gunakan. Setiap vendor modem atau router memiliki cara yang berbeda untuk di reset, silhkan sesuaikan saja, namun biasanya tersedia tombol reset pada bagian belakang modem atau router.

Dengan melakukan reset pada modem atau router tersebut, maka pengaturan akan kembali seperti semula dan ada kemungkinan ip yang digunakan akan direset dan berubah. Sehingga nantinya anda tidak akan menjumpai lagi adanya error ip address conflict tersebut.

Kesimpulan

Demikianah cara mengatasi windows has detected an ip address conflict dengan sangat mudah dan benar. Dari 3 cara diatas anda bisa mencobanya satu persatu, hingga pesan error tersebut tidak muncul lagi.

Jika ada yang kurang mengerti atau ingin mengirimkan saran dan kritik. Sialhkan tinggalkan komentar dibawah. Terimaasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *