Solusi windows cannot print due to a problem with the current printer setup, wajib coba !

By | Januari 21, 2020

Printer merupakan perangkat keras yang digunakan untuk mencetak dokumen atau hal lainnya. Printer bisa digunakan diberbagai perangkat, termasuk pc atau laptop dengan sistem operasi windows.

Namun jika anda menggunakan printer di windows, maka pernah mengalami masalah saat melakukan print dan akan keluar pesan windows cannot print due to a problem with the current printer setup.

Tenang saja, anda tidak perlu panik, untuk mengatasinya, silahkan simak pembahasan berikut ini. Cara dibawah ini berlaku untuk semua versi windows, mau itu windows xp, windows 7, windows 8 dan windows 10.

Control panel

Jika saat menggunakan word atau ingin melakukan print, lalu muncul pesan error seperti windows cannot print due to a problem with the current printer setup atau word can’t print due to a problem with the printer setup pada windows yang anda gunakan, mau itu windows xp,7,8 dan 10, silahkan lakukan langkah berikut ini untuk memperbaiki dan mengatasinya melalui control panel.

  1. Pertama, anda bisa membuka control panel di pc atau laptop, dengan salah satu cara berikut ini :
    1. Tekan tombol keyboard windows + r, lalu ketik Control Panel dan enter
    1. Atau tekan menu start pada pojok kiri bawah, lalu ketik Control panel
  2. Selanjutnya, pada bagian menu Hardware and Sound, tekan menu Devices and Printers dibagian bawahnya
  3. Lalu klik kanan pada ikon print yang berbeda dan pilih opsi Set as Default Printer
  4. Lalu kembali lakukan klik kanan pada ikon printer yang asli atau yang ingin digunakan dan pilih Set as Default Printer

Install ulang driver printer

Biasanya masalah error seperti yang sudah dijelaskan diatas, bisa juga disebabkan oleh driver printer yang anda gunakan mengalami masalah atau error.

Maka dari itu untuk memperbaiknya, termasuk permasalahan word cannot bring up the properties dialog because the printer returned an error, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Pertama, masuk ke control panel, untuk caranya anda bisa lihat pada step-1 di cara pertamal
  2. Lalu dibagian Hardware and Sound, pilih opsi Devices and Printers
  3. Lalu silahkan klik kanan pada icon printer yang digunakan sekarang dan pilih opsi Remove Device, jika ada warning atau pesan tekan Yes
  4. Lanjut dengan menekan menu Add a Printer pada bagian atas, pilih add a local printer *jika printer terhubung ke komputer atau laptop atau pilih opsi Add a Network, Wireless atau Bluetooth Printer *jika printer terhubung dengan jaringan yang sama
  5. Lalu, jika ada pilihan printer yang anda gunakan, silahkan tekan dan tekan Next untuk melakukan proses instalasi driver, jika sudah tekan finish

Check File Sistem

Cara Mengatasi Windows Cannot Print due to a problem with the current printer setup Microsoft Office
Cara Mengatasi Windows Cannot Print due to a problem with the current printer setup Microsoft Office

Langkah selanjutnya, kita harus mengecek file siste dan melakukan perbaikannya secara otomatis, pada tutorial ini kita akan menggunakan beberapa perintah yang akan dijalankan dengan command prompt.

  1. Silahkan buka cmd atau command prompt, pastikan anda membukanya dengan akses admin, caranya tekan menu start pada bagian kiri bawah, lalu ketik cmd, pada opsi command prompt klik kanan, lalu pilih opsi Run as administrator
  2. Pada cmd tersebut, ketik sfc / scannow lalu tekan enter
  3. Tunggu proses perbaikan selesai dilakukan oleh sistem windows, untuk waktu perbaikan tergantung kerusakan yang terjadi, jika terlalu lama anda bisa santuy sambil ngopi
  4. Jika semua sudah selesai, ketik exit pada cmd dan enter
  5. Lalu restart komputer atau laptop tersebut untuk melihat hasil atau perubahannya

Kesimpulan

Demikianlah Cara Mengatasi Windows Cannot Print due to a problem with the current printer setup Microsoft Office dengan sangat mudah dan benar.

Dengan melaukan hal diatas, sekarang anda sudah bisa menggunakan printer tersebut untuk kebutuhan mencetak dokumen di windows. Jika ada permasalahan lebih lanjut atau kurang mengerti, silahkan tinggalkan commentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *