Home » Aplikasi » Aplikasi untuk kuliah daring
Aplikasi untuk kuliah daring

Aplikasi untuk kuliah daring

Dengan adanya perkembangan teknologi, sekarang anda bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu orang tersebut dalam satu tempat atau dalam keadaan berdekatan. Ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk hal tersebut, mulai dari sekedar melakukan chat, video confrence atau membuat sebuah group.

Aplikasi tersebut, sering sekali digunakan untuk kegiatan pendidikan, seperti kuliah daring. Terutama, saat kejadian pandemic virus covid-19 seperti ini, aplikasi tersebut sangat banyak sekali digunakan, terutama di indonesia.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, anda bisa menggunakan banyak aplikasi yang sudah tersedia. Namun, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk kuliah daring yang wajib anda coba.

Zoom

Zoom termasuk salah satu aplikasi video confrence yang sangat populer digunakan untuk kuliah online atau daring, terutama saat masa pandemic covid-19. Fitur-fitur yang dihadirkan oleh zoom sangatlah powerfull dan lengkap.

Hal terpenting, dengan menggunakan zoom anda bisa menikmati kualitas video dan audio yang sangat bagus. Selain itu ada juga fitur yang bisa anda gunakan untuk menganti background video anda untuk menjaga privacy pribadi.

Pengunaan zoom, bisa anda akses langsung melalui beberapa device, seperti laptop atau komputer dan smartphone. Dengan menggunakan zoom, pengguna dimungkinkan untuk mengirim sesuatu dalam bentuk teks, foto, video dan lainnya.

Microsoft Teams

Salah satu produk dari microsoft yang bisa anda gunakan untuk melakukan kuliah secara daring atau live streaming, bisa menggunakan Microsoft Teams. Saya sendiri, sudah pernah menggunakan teams dan sangat puas dengan aplikasi tersebut.

Aplikasi ini bisa menampung lebih dari 50+ orang dalam satu video confrence. Didalam aplikasi anda sebagai pengajar juga bisa membuat sebuah kelas masing-masing dan membuat sebuah channel pertemuan. Nantinya, mahasiswa atau siswa dapat join ke live streaming yang telah anda laksanakan.

Semua anggota dapat berbicara atau menunjukkan wajah mereka pada aplikasi teams, selain itu kualitas audio dan video juga bisa diandalkan. Untuk menggunakan teams, ada beberapa opsi yang bisa anda gunakan, bisa melalui web browser, aplikasi di pc atau laptop dan aplikasi smartphone.

Skype

Mungkin, anda sudah tidak asing lagi dengan skype. Aplikasi ini umum digunakan oleh orang-orang yang bekerja pada bidang tertentu dan biasa juga digunakan untuk keperluan interview atau berbicara dengan client.

Dari pembaharuannya pada april 2020, memungkinkan skype untuk menampung 50 user dalam satu video confrence. Selain itu tampilan dari aplikasi ini juga terlihat sederhana, sehingga mudah digunakan dan dipahami.

Skype bisa anda gunakan langsung di laptop atau komputer atau melalui smartphone.

Cisco Webex

Sama dengan beberapa aplikasi video confrence lainnya. aplikasi Cisco Webex juga bisa anda gunakan untuk melakukan kuliah daring. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini anda harus membelinya atau berlangganan premium.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yaitu bisa menampung hingga 100 user dalam satu video confrence. Selain itu pengguna jika bisa melakukan screen sharing atau berbagai layar untuk ditunjukkan ke orang lain.

Google Duo

Google Duo merupakan salah satu aplikasi video chat yang bisa anda gunakan untuk kegiatan kuliah online. Aplikasi yang dirilis pada 2016 ini, bisa anda gunakan langsung pada smartphone, terutama untuk pengguna android.

Namun, sayangnya aplikasi ini hanya bisa menampung kurang lebih 16 pengguna dalam satu panggilan video. tapi cukup efektif juga digunakan jika murid atau mahasiswa yang jumlahnya sedikit. Untuk kualitas audio dan video, aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi untuk kualiah daring yang bisa anda coba. Sekarang anda bisa melaksanakan kualih daring tanpa langsung ke kampus melainkan menggunakan beberapa aplikasi diatas. Silahkan pilih salah satu aplikasi diatas dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *